Kompetisi permainan ular tangga secara nasional hanya dikhususkan untuk siswa SD dan penyeleggaraan dilakukan tanpa paksaan oleh sekolah. Kompetisi ini bertahap dan meskipun adanya kompetisi namun tujuan utama bukan untuk mencari juara namun untuk melestarikan budaya permainan tradisional yang menyenangkan.
Adapun aturan main permainan ular tangga, yaitu:
1) Setiap pertandingan diikuti oleh 4 orang peserta pria dan wanita dalam satu media, berlaku untuk kompetisi group “KG” kompetisi kabupaten ata kota “KK” serta kompetisi nasional “KN”
2) Koordinator group atau panitia untuk kompetisi KK dan KN akan mengatur pembagian kelompok 4 orang, menentukan siapa yang akan bermain terlebih dahulu sesuai dengan table pertandingan.
3) Pemain yang pertama diberikan kesempatan untuk melemparkan dadu kotak, kemudian pemain kedua dan seterusnya melakukan hal yang sama.
4) Pemain akan melangkah sesuai dengan jumlah pada permukaan dadu, jika yang terbuka nilai 1 maka langkahnya 1 juga dan seterusnya.
5) Apabila secara kebetulan 2 atau lebih peserta berada pada posisi kotak yang sama, maka pemain yang telah lebih dahulu berada pada kotak tersebut akan diberikan pilihan untuk naik, turun, atau tetap bersama dalam 1 kotak.
6) Jika pemain ketiga juga berada dalam kotak yang sama maka yang bersangkutan wajib memilih naik atau turun 1 kotak lagi sebab 1 kotak maksimal ditempati 2 pemain.
7) Jika posisi pemain telah berada pada kotak 90 keatas, pemain tersebut dapat meminta jalur by pass pada koordinator group atau panitia untuk menuju kotak 100, caranya: Setelah pemain meminta jalur by pass maka yang bersangkutan akan memberikan satu pertanyaan, jika dapat dijawab maka pemain tersebut langsung menuju kotak 100 namun jika jawabannya salah maka pemain tersebut akan kembali ke kotak 1.
8) Apabila secara kebetulan posisi peserta berada pada kotak tangga maka dia dapat naik.
9) Kalau pemain berada pada kotak ekor ular maka pemain tersebut harusnya turun, namun pemain dapat mengajukan dispen, dimana pemain akan diberikan satu pertanyaan oleh koordinator KG atau panitia KK dan KN, jika pemain dapat menjawab maka akan diberikan bonus 1 langkah tapi jika tidak maka pemain akan turun pada kotak kepala ular.
10) Setiap media bermain akan terdapat satu kotak yang disebut “Kotak Ular Tangga”, jika pemain secara kebetulan berada dalam kotak tersebut maka dia wajib menjawab 1 pertanyaan dari koordinator KG atau panitia, jika jawabannya benar maka pemain dapat naik tangga namun jika jawabannya salah maka pemain akan turun ke kotak kepala ular.
11) Berjalan normal untuk mencapai kotak 100, peserta harus mendapatkan jumlah angka yang pas untuk mencapai kotak 100, jika angka tidak pas maka jalannya akan mental.
12) Pada pertandingan kelompok permainan akan dilakukan sebanyak 3 kali putaran, yang lebih dulu mencapai kotak terakhir dinyatakan pemenang dan memperoleh poin 100.
13) Adapun penghitungan poin pada akhir setiap pertandingan, sebagai berikut:
14) Permainan tahap pertama menggunakan media bermain ukuran kecil, pada tahap akhir KG akan menggunakan media ukuran besar dimana pemain akan langsung melangkah pada media permainan.
15) Juara 1 dan KG akan berkompetisi pada tingkat Kabupaten atau Kota.
1. Terdaftar pada satu Group permainan,
2. Terdaftar pda aplikasipepet.ID
3. Mengikuti dan tunduk pada seluruh aturan kompetisi yang ditetepkan pepet.ID
- Juara 1 : Tropi dan Laptop Toshiba i5
- Juara 2 : Tropy dan HP Vivo V29 5G
- Juara 3 : Tropy dan Samsung Galaxy A14
- Juara 4 : Tropy dan Tab Samsung A7