Aturan Permainan Gaple/Domino
1) Setiap pertandingan diikuti oleh 12 pemain yang akan bermain secara bersamaan pada 3 meja, setiap meja bermain 4 pemain sesuai tabel kompetisi.
2) Tempat duduk pemain pada meja yang sudah ditentukan dengan caranya semua pemain mengambil satu kartu pada tumpukan kartu yang ada dimeja, angka terbesar dialah yang berhak menentukan dimana dia akan duduk.
3) Pembagian kartu pada awal pertandingan ditentukan oleh koordinator Group pada kompetisi tingkat Group atau oleh panitia pada pertandingan pada kompetisi kabupaten, kota dan nasional.
4) Pada permainan yang pertama, kartu awal yang wajib turun adalah kartu 3|3, selanjutnya pada permainan kedua dan seterusnya pemenang permainan terakhir yang berhak menurunkan kartu awal apa saja yang diinginkan pemain.
5) Apabila tidak memiliki kartu yang cocok, maka pemain harus “menutup” salah satu kartu yang ada tangannya, kartu yang ditutup akan disebut kartu mati.
6) Kartu 0|0 yang tidak memiliki kartu pasangan diakhir pertandingan akan terhitung 13 poin, jika memiliki pasangan maka jumlah digabungkan.
7) Penghitungan poin barulah dapat dimulai setelah seluruh kartu dimeja dikumpulkan.
8) Jika permainan terkunci dengan sengaja atau tidak sengaja, maka seluruh peserta akan menghitung besaran kartu yang tersisa ditangannya, jumlah poin terendah akan menang.
9) Kalau ada pemain yang memiliki nilai terendah yang sama maka untuk menentukan pemenang, adalah:
10) TUTUP, jika salah satu pemain dengan sengaja tidak menurunkan kartu padahal kartu ditangan masih ada nilai yang sama maka permainan dinyatakan tutup.
11) GAPLE, pemain yang memiliki nilai kartu paling kecil saat permainan terkunci dengan sengaja atau tidak sengaja.
12) JAWARA 1, adalah pemain yang menghabiskan kartu terlebih dahulu atau setelah selesai permainan pemain memiliki nilai kartunya paling sedikit.
13) JAWARA 2, pemberian poin kepada pemain yang memiliki nilai terkecil kedua.
14) JAWARA 3, pemberian poin kepada pemain yang memiliki nilai terkecil ketiga.
15) AMBYAR, pemain dengan poin 0 karena memiliki nilai kartu terbesar.
16) AMBYAR 1, pemain yang yang diberikan pengurangan poin 5 karena dengan sengaja mengunci atau tidak sengaja mengunci.
17) AMBYAR 2, diberikan pengurangan 2 poin karena penyebab permainan di TUTUP.
18) KADO, diberikan 2 poin kepada pemain yang bukan penyebab permainan di TUTUP.
19) BINTANG, akan diberikan kepada pemenang setiap sesi permainan.
20) Penghitungan poin serta penentuan juara ditentukan secara manual atau online oleh koordinator Group atau oleh juri pada kompetisi kota dan nasional, catatan permainan secara manual harus di dokumentasikan dan disimpan oleh koordinator Group.
21) Adapun cara menghitung poin, sebagai berikut:
22) Alur permainan berputar ke arah kanan peserta, pemain tidak boleh tukaran tempat duduk selama kompetisi berlangsung.
23) Jika ada pemain yang berhalangan hadir, koordinator Group dapat memasukan pemain cadangan sesuai persetujuan pemain inti.
24) Hasil pertandingan harus diupdate pada aplikasi pepet.id, jika ada kesalahan input maka koordinator dapat mengajukan permohonan perubahan.
1. WNI
2. Pria / Wanita
3. Berusia 17 tahun keatas
4. Tergabung dalam Kelompok Group (KG).
5. KG bisa berasal dari desa, kelurahan, kantor
Juara 1 : Motor Yamaha NMAX
Juara 2 : Motor Honda Vario
Juara 3 : Motor Honda Beat Deluxe
Juara 4 : Motor Suzuki Nex II
Kembali